MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

A. Pengertian  Multimedia  Pembelajaran

Multimedia  adalah  media  yang  menggabungkan  dua  unsur  atau  lebih  media  yang  terdiri  dari  teks,  grafis,  gambar,  foto,  audio,  video dan  animasi  secara  terintegrasi.  Multimedia  terbagi  menjadi  dua  kategori,  yaitu:  multimedia  linier dan multimedia  interaktif.

Multimedia  linier  adalah  suatu  multimedia  yang  tidak  dilengkapi  dengan  alat  pengontrol  apapun  yang  dapat  dioperasikan  oleh  penguna.  Multimedia  ini  berjalan  sekuensial  (berurutan),  contohnya:  TV  dan  film.

Multimedia  interaktif  adalah  suatu  multimedia  yang  dilengkapi  dengan  alat  pengontrol  yang  dapat  dioperasikan  oleh  pengguna,  sehingga  pengguna  dapat  memilih  apa  yang  dikehendaki  untuk  proses  selanjutnya.  Contoh  multimedia  interaktif  adalah:  multimedia  pembelajaran  interaktif,  aplikasi  game,  dll.

Sedangkan  pembelajaran  diartikan  sebagai  proses  penciptaan  lingkungan  yang  memungkinkan  terjadinya  proses  belajar.  Jadi  dalam  pembelajaran  yang  utama  adalah  bagaimana  siswa  belajar.  Belajar  dalam  pengertian  aktifitas  mental  siswa  dalam  berinteraksi  dengan  lingkungan  yang  menghasilkan  perubahan  perilaku  yangbersifat  relatif  konstan.  Dengan  demikian  aspek  yang  menjadi  penting  dalam  aktifitas  belajar  adalah  lingkungan.  Bagaimana  lingkungan  ini  diciptakan  dengan  menata  unsurunsurnya  sehingga  dapat  mengubah  perilaku  siswa.  Dari  uraian  di  atas,  apabila  kedua  konsep  tersebut  kita  gabungkan  maka  multimedia  pembelajaran  dapat  diartikan  sebagai  aplikasi  multimedia  yang  dignakan  dalam  proses  pembelajran,  dengan  kata  lain  untuk  menyalurkan  pesan  (pengetahuan,  keterampilan  dan  sikap)  serta  dapat  merangsang  piliran,  perasaan,  perhatian  dan  kemauan  yang  belajar  sehingga  secara  sengaja  proses  belajar  terjadi,  bertujuan  dan  terkendali.

B. Manfaat  Multimedia  Pembelajaran

Secara  umum  manfaat  yang  dapat  diperoleh  adalah  proses  pembelajaran  lebih  menarik,  lebih  interaktif,  jumlah  waktu  mengajar  dapat  dikurangi,  kualitas  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan  dan  prises  belajar  mengajar  dapat  dilakukan  di  mana  dan  kapan  saja,  serta  sikap  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan.

Manfaat  di  atas  akan  diperoleh  mengingat  terdapat  keunggulan  dari  sebuah  multimedia  pembelajaran,  yaitu:

1. Memperbesar  benda  yang  sangat  kecil  dan  tidak  tampak  oleh  mata,  seperti kuman,  bakteri,  elektron  dll.

2. Memperkecil  benda  yang  sangat  besar  yang  tidak  mungkin  dihadirkan  ke sekolah,  seperti  gajah,  rumah,  gunung,  dll.

3. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  kompleks,  rumit  dan  berlangsung  cepat atau  lambat,  seperti  sistem  tubuh  manusia,  bekerjanya  suatu   mesin, beredarnya  planet  Mars,  berkembangnya  bunga  dll.

4. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  jauh,  seperti  bulan,  bintang,  salju,  dll.

5. Menyajikan  benda  atau  peristiwa  yang  berbahaya,  seperti  letusan  gunung berapi,  harimau,  racun,  dll.

6. Meningkatkan  daya  tarik  dan  perhatian  siswa.

C. Karakteristik  Media  dalam  Multimedia  Pembelajaran

Sebagai  salah  satu  komponen  sistem  pembelajaran,  pemilihan  dan  penggunaan  multimedia  pembelajaran  harus  memperhatikan  karakteristik  komponen  lain,  seperti:  tujuan,  materi,  strategi  dan  juga  evaluasi  pembelajaran.

Karakteristik  multimedia  pembelajaran  adalah:

1. Memiliki  lebih  dari  satu  media  yang  konvergen, misalnya  menggabungkan unsur  audio dan  visual.

2. Bersifat  interaktif,  dalam  pengertian  memiliki  kemampuan  untuk mengakomodasi  respon  pengguna.

3. Bersifat  mandiri,  dalam  pengertian  memberi  kemudahan  dan  kelengkapan  isi sedemikian  rupa  sehingga  pengguna  bisa  menggunakan  tanpa  bimbingan  oran lain.

Selain  memenuhi  ketiga  karakteristik  tersebut,  multimedia  pembelajaran  sebaiknya memenuhi  fungsi  sebagai  berikut:

1. Mampu  memperkuat  respon  pengguna  secepatnya  dan  sesering  mungkin.

2. Mampu  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  mengontrol  laju kecepatan  belajarnya  sendiri.

3. Memperhatikan  bahwa  siswa  mengikuti  suatu  urutan  yang  koheren  dan terkendalikan.

4. Mampu  memberikan  kesempatan  adanya  partisipasi  dari  pengguna  dalam bentuk  respon,  baik  berupa  jawaban,  pemilihan,  keputusan,  percobaan  dan lain-lain.

D. Format  Multimedia  Pembelajaran

Format  sajian  multimedia  pembelajaran  dapat  dikategorikan  ke  dalam  lima  kelompok  sebagai  berikut:

1. Tutorial

Format  sajian  ini  merupakan  multimedia  pembelajaran  yang  dalam  penyampaian  materinya  dilakukan  secara  tutorial,  sebagaimana  layaknya  tutorial  yang  dilakukan  oleh  guru  atau  instruktur.  Informasi  yang  berisi  suatu  konsep  disajikan  dengan  teks,  gambar,  baik  diam  atau  bergerak  dan  grafik.  Pada  saat  yang  tepat,  yaitu  ketika  dianggap  bahwa  pengguna  telah  membaca,  menginterpretasikan   dan  menyerap  konsep  itu,  diajukan  serangkaian  pertanyaan  atau  tugas.  Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  benar,  kemudian  dilanjutkan  dengan  materi  berikutnya.  Jika  jawaban  atau  respon  pengguna  salah,  maka  pengguna  harus  mengulang  memahami  konsep  tersebut  secara  keseluruhan  ataupun  pada  bagianbagian  tertentu  saja  (remedial). Kemudian  pada  bahagian  akhir  biasanya  akan  diberikan  serangkaian  pertanyaaan  yang  merupakan  tes  untuk  mengukur  tingkat  pemahamn  pengguna  atas  konsep  atau  materi  yang  disampaikan.

2. Drill dan  Practise

Format  ini  dimaksudkan  untuk  melatih  pegguna  sehingga  memiliki  kemahiran  dalam  suatu  keterampilan  atau  memperkuat  penguasaan  sutu  konsep.  Program  menyediakan  serangkaian  soal  atau  pertanyaan  yang  biasanya  ditampilkan  secara  acak,  sehingga  setiap  kali  digunakan  makan  soal  atau  pertanyaan  yang  tampil  selalu  berbeda,  atau  paling  tidak  dalam  kombinasi  yang  berbeda.

Program  ini  dilengkapi  dengan  jawaban  yang  benar,  lengkap  dengan  penjelasannya  sehingga  diharapkan  pengguna  akan  bisa  pula  memahami  suatu  konsep  tertentu.  Pada  bahagian  akhir,  pengguna  bisa  melihat  skor  akhir  yang  dia  capai,  sebagai  indikator  untuk  mengukur  tingkat  keberhasilan  dalam  memecahkan  soalsoal  yang  diajukan.

3. Simulasi

Multimedia  pembelajaran  dengan  format  ini  mencoba  menyamai  proses  dinamis  yang  terjadi  di  dunia  nyata,  misalnya  untuk  mensimulasikan  pesawat  terbang,  di  mana  pengguna  seolaholah  melakukan  aktifitas  menerbangkan  pesawat  terbang,  menjalankan  usaha  kecil,  atau  pengendalian  pembangkit  listrik  tenaga  nuklir  dan  lainlain.  Pada  dasarnya  format  ini  mencoba  memberikan  pengalaman  masalah  dunia  nyata  yang  biasanya  berhubungan  dengan  suatu  resiko,  seperti  pesawat  yang  akan  jatuh  atau  menabrak,  peusahaan  akan  bangkrut,  atau  terjadi  malapetaka  nuklir.

4. Percobaan  atau  Eksperimen

Format  ini  mirip  dengan  format  simulasi,  namjun  lebih  ditujukan  pada  kegiatan-kegiatan  yang  bersifat  eksperimen,  seperti  kegiatan  praktikum  di  laboratorium  IPA,  biologi  atau  kimia.  Program  menyediakan  serangkaian  peralatan  dan  bahan,  kemudian  pengguna  bisa  melakukan  percobaan  atau  eksperimen  sesuai  petunjuk  dan  kemudian  mengembangkan  eksperimen- eksperimen  lain  berdasarkan  petunjuk  tersebut.  dapat  menjelaskan  suatu  konsep  atau  fenomena  tertentu  berdasarkan  eksperimen  yang  mereka  lakukan  secara  maya  tersebut.

5. Permaianan

Tentu  saja  bentuk  permaianan  yang  disajikan  di  sini  tetap  mengacu  pada  proses  pembelajaran  dan  dengan  program  multimedia  berforat  ini  diharapkan  terjadi  aktifitas  belajar  sambil  bermain.  Dengan  demikian  pengguna  tidak  merasa  bahwa  mereka  sesungguhnya  sedang  belajar.

About these ads

10 Responses

  1. mo tanya tutorial interaktif tu apa to???

  2. Tutorial adalah salah satu bentuk format dalam multimedia pembelajaran dimana materi disajikan secara deskriptif baik dalam bentuk gambar, teks,animasi, dll. Agar mendapat respon dari pengguna (user) maka program dibuat sedemikian rupa sehingga pengguna (user) dapat berinteraksi dengan program komputer. Dengan demikian format tutorialnya menjadi tutorial interaktif.

  3. 1. multimedia pembelajaran interaktif dan media pembelajaran interaktif itu apa bedanya?
    2. memiliki kreteria apa saja media pembelajaran itu sudah dikatakan interaktif ?

  4. wahhh weblog anda ini keren bagus isinya bisa kasih referensi ngga tentang multimedia interaktif? karana saya gunakan untuk sumber dalam skripsi saya? mohon bantuannya saudara. Dari Agung di Bali.

    • Mas agung, kalau mau diskusi tentang multimedia pembelajaran interaktif bisa kirim email di : dicky_author7@yahoo.co.id atau Ym : dicky_author7. Saya sangat senang jika mas Agung mau berdiskusi tentang teknologi pembelajaran pada umumnya atau multimedia pembelajaran interaktif pada khususnya.

  5. mas tukaran link weblog sya ok! Mari kita sama2 mengembangkan Teknologi Pembelajaran : http://www.azenix.co.cc (Agung Undiksha)

  6. Terima kasih mas Ian yang mau mampir di blog saya. Mohon maaf baru sempat mereply komennya. Sebenarnya multimedia pembelajaran merupakan salah satu jenis media yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Hanya saja kalau multimedia merupakan media yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai tempat untuk menyalurkan informasi. Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.Sementara itu media yang digunakan untuk pembelajaran banyak jenisnya, seperti slide, video, radio, buku, dsb. Sebuah media dikatakan interaktif jika user terlibat aktif dalam berbagai aktifitas dalam penggunaan media tersebut. Misalnya saja, menekan tombol-tombol yang ada didalam program multimedia, kemudian menjawab soal-soal yang ada dalam program tersebut, melakukan simulasi, dsb. Keterlibatan user dalam penggunaan multimedia dapat juga berfungsi sebagai pengontrol lajunya program tersebut. Keuntungan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran yaitu antara lain ;
    1. Media dapat membuat materi pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit/nyata, sehingga mudah diterima siswa;
    2. Media dapat mengatasi kendala ruang dan waktu. Siswa yang belum memahami materi dapat mengulang materi tersebut di rumah ;
    3. Informasi pelajaran yang disajikan dengan media yang tepat akan memberikan kesan yang mendalam pada diri siswa;
    4. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan dapat merangsang perbagai macam perkembangan kecerdasan

    Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
    1. Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
    2. Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
    3. Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.

    Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi fungsi sebagai berikut:
    1. Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
    2. Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
    3. Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendalikan.
    4. Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan dan lain‐lain.

    Oke mas Ian saya kira cukup dulu jawaban dari saya, kalau kurang puas kita diskusi saja melalui email saya ; dicky_auhtor7@yahoo.co.id.

    Terima kasih.

  7. Oh boleh saja … Bikin tesis ya … pertama yang harus dicarai adalah masalah yg akan diteliti apa? kemudia kerangka berpikirnya seperti apa? kalau medianya atau produknya bisa dibuat dengan menggunakan Flash.

  8. Untuk daftar pustakanya banyak mas … hanya sayangnya artikel tersebut merupakan pengembangan dari hasil pengamatan dan juga pengalaman membuat multimedia pembelajaran. Nanti sy kirim ke email Anda. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: