Program Kompresi File Alternatif

Salah satu format kompresi file yang paling sering digunakan adalah Zip. Bahkan beberapa sistem operasi terbaru mendukung format Zip secara langsung, sehingga memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan format tersebut. Namun demikian, format Zip bukanlah satu-satunya format kompresi file yang digunakan orang. Ada beberapa format kompresi lainnya yang sering digunakan oleh banyak orang. Pada windows, format kompresi file yang cukup terkenal adalah Rar. Sedangkan dari dunia Linux, maka anda pasti familiar dengan 7z, Tar, gzip, bz2, dsb.
Untuk membuka file-file yang disebutkan di atas, anda jelas membutuhkan sebuah program kompresi yang cukup komplit. Anda bisa mendapatkan program seperti itu dengan membayar sekian rupiah. Namun anda jangan kuatir, ada solusi alternatif yang bisa anda gunakan untuk membuka file-file kompresi tanpa perlu mengeluarkan biaya.
1. IZArc
program satu ini mendukung banyak format kompresi file, antara lain: 7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, B64, BH, BZ2, BZA, CAB, CPIO, DEB, ENC, GCA, GZ, GZA, HA, JAR, LHA, LIB, LZH, MBF, MIM, PAK, PK3, RAR, RPM, TAR, TAZ, TBZ, TGZ, TZ, UUE, WAR, XXE, YZ1, Z, ZIP, ZOO. selain itu, penggunaan program ini cukup mudah dan memiliki kemampuan untuk berintegrasi dengan Windows Explorer. IZArc juga bisa digunakan untuk mengkonversi file image CD, membuat sebuah self-extracting archive (SFX) dan mendukung enkripsi.
2. 7Zip
7Zip merupakan program yang bersifat open source. 7Zip mendukung format kompresi file seperti: 7z, ZIP, GZIP, BZIP2, TAR, RAR, CAB, ARJ, Z, CPIO, RPM, DEB, LZH, CHM, ISO, WIM, NSIS. walaupun tidak selengkap IZArc, namun para pembuat 7Zip mengklaim bahwa 7Zip mempunyai performa yang lebih baik dibandingkan program lain dalam membuat file arsip ZIP dan 7z. 7Zip juga memiliki kemampuan untuk berintegrasi dengan Windows Explorer, serta tampilannya cukup sederhana dan memudahkan pengguna. dibandingkan dengan IZArc, 7Zip memiliki file installer yang ukurannya lebih kecil (< 800 kb), sehingga memudahkan anda untuk mengunduhnya.
Sekarang anda tidak perlu repot dan bingung lagi jika (misalnya) anda memiliki format file kompresi yang mungkin tidak anda kenal. Nah, sekarang tinggal terserah anda untuk menggunakan program yang mana. selamat beraktivitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: