Cara Mudah Membuat Blog dengan WordPress.

Masuk ke http://www.wordpress.com
1. Klik Sign Up Now!
Masukan data yang di perlukan.
2. username adalah nama yang akan digunakan sebagai ID kita. Minimal 4 huruf. Hanya boleh huruf dan angka. Kalau ada peringatan Sorry, that user name already exist artinya username itu dah ada yang punya, cari lagi yg lain.

3. Masukan password yang diinginkan sebaiknya kombinasi antara angka dan huruf. Ulangi lagi pada bagian confirm. Pada bagian password strength itu untuk mengukur kekuatan password kita. Pendaftaran akan berhasil hanya jika password yang kita pilih minimal menunjukan good.

4. Masukan alamat email. Ini akan dipakai untuk mengirim email tanda aktifnya blog kita.
5. Cek list pada legal flotsam. Artinya kita menyetujui peraturan yang diajukan oleh wordpress.
6. Tandai Gimme a blog! Artinya kita meminta sebuah blog.
7. Klik Next.
8. Bagian blog domain, isinya akan sama dengan username. Ini yang akan jadi alamat blog kita. Tapi juga bisa beda sesuai keinginan kita.
9. Blog title di isi dengan judul blog.
10. Language pilih bahasa English aja. Kan tutorialnya pake bahasa english ;p
11. Privacy di cek list. Artinya kita mau agar blog kita bisa tampil di google
12. Klik Sign Up
Email sudah terkirim. Sekarang lengkapi profil kita.
13. Firs name di sini dengan nama depan.
14. Last name di isi dengan nama belakang.
15. About yourself di isi dengan deskripsi singkat tentang diri kita.
16. Klik save profile. Setelah itu di tutup aja browsernya.
17. Selanjutnya, cek email dari wordpress
18. Buka dan liat isinya. Klik link aktifasi yang di berikan. Yang seperti ini http://wordpress.com/activate d3bfghhb55cd39
19. Setelah itu kita akan masuk ke halaman web yang menunjukan username dan password. Ada pemberitahuan Your account is now active yang artinya blog kita sudah bisa di gunakan. Selain itu kita juga mendapat email lagi yang berisi
password dan username.
20. Klik login.
MENGELOLA WORDPRESS
Setelah pendaftaran selesai dan kita sudah punya username dan password, sekarang kita akan login ke administrator menggunakan username dan passwor tersebut dan mulai mengelola blognya.
1. Setelah tadi kita klik login atau bisa juga masuk lagi ke http://www.wordpress.com, isikan kolom username dan password dengan user dan password yang kita punya, kalu klik login.
2. Ini di tampilan dalam wordpress kita. Dari sinilah kita mengelola blog. Kita gak akan membahasJGimana? Bingungkan karena banyak bagian-bagiannya  semuannya, hanya yang penting-penting aja. Pertama, mengatur profil dan tampilan blog secara umum. Kedua, memulai menulis artikel dan halaman baru serta cara mengeditnya.
Ketiga menambah link dan juga cara mengeditnya. Keempat, mengganti theme atau tampilan blog. Kelima menambahkan fasilitas-fasilitas lain di halaman blog (namanya widget). Keenam, mengatur komentar yang masuk. Ketujuh, menyimpan file di wordpress (sayang 3 GB gak dimanfaatin). Kedelapan bagaimana memantau statistikblog. Sisanya, coba-coba sendiri aja ya dan rasakan asiknya
3. Untuk mulai mengatur profil, lihat bagian users dan settings.
4. Pada bagian users, klik your profile.
5. Untuk mengganti bahasa pilih pada bagian Interface language.
6. Untuk mengganti gravatar (foto atau gambar yang akan menjadi identitas kita, semacam foto pada KTP aja) klik change your gravatar. Tunggu muncul jendela baru, klik Upload a new image from your computer untuk mencari gambar dari komputer. Klik browse, cari gambarnya, kalau sudah klik next.
7. Lakukan pemotongan gambar. Perbesar atau perkecil gambar yang diinginkan. Lalu klik crop and finish.
8. Pada bagian rate pilih G. Ini semacam rating. G artinya ”untuk semua umur”. Makanya pake gambarnya yang sopan, jangan yang 17+. Setelah itu tutup jendela dengan klik tanda silang di pojok kanan atas.
9. Setelah itu kita bisa mengatur ulang nama dan deskripsi tentang kita. Pada bagian Display name publicly as artinya nama yang akan tampil di blog ketika dibaca oleh orang lain.
10. Mau ganti password juga bisa di bagian new password.
11. setelah selesai klik update profile. Kalau ada pemberitahuan user updated artinya perubahannya sudah tersimpan.
12. Sekarang pada bagian settings, klik general. Blog Title atau judul blog bisa di ganti lagi.
13. Tagline ini semacam slogan yang ingin kita usung melalui blog yang kita punya.
14. Timezone untuk mengatur daerah waktu. Pilih UTC +7 untuk waktu WIB.
15. Date Format untuk mengatur format tanggal
16. Time Format untuk mengatur format jam
17. Kalau sudah klik save changes.
18. Kemudian masih pada settings, klik reading. Pada bagian blog pages show at most di isi dengan jumlah posting yang ingin kita tampilkan di halaman depan blog.
19. Kembali ke settings, bagian discussion. Cek list Allow people to post comments on the article untuk mengijinkan orang memberi komentar pada blog kita.
20. Comment author must fill out name and e-mail untuk mengharuskan yang mau memberikan komentar di blog kita agar mengisi email dan namanya.
21. Users must be registered and logged in to comment artinya yang mau komentar harus login ke wordpress dulu baru bisa nulis komentar 22. An administrator must always approve the comment artinya komentar yang
masuk akan langsung ditampilkan, sedangkan Comment author must have a previously approved comment artinya komentar ditahan dulu menunggu persetujuan kita.
23. Avatar Display untuk menampilkan gravatar orang lain ketika komentar di blog.
24. Maximum Rating artinya kita bisa memilih, gravatar yang mau ditampilkan yang
memiliki rating seperti apa.
25. Klik save changes
Sekarang kita akan mulai menulis artikel.
26. Pada bagian post, klik add new untuk mulai menuliskan artikel. Pada kolom pertama isi dengan judul artikel.
27. Kemudian kolom yang berikutnya di isi denga isi artikel. Cara mengedit tulisannya ada dua macam. Visual untuk mengedit seperti word. HTML, untuk mengedit menggunakan kode HTML. Kita pilih visual aja yang lebih gampang.
28. Pada bagian categories, klik add new category untuk menambahkan kategori baru. Masukan satu atau dua kata yang mewakili maksud/ tema tulisan. Kategori ini fungsinya untuk mengelompokkan tulisan dengan tema yang sejenis. Jadi ketika menulis artikel, cek list pada kategori yang sesuai dengan tema artikel tersebut. Paren kategory artinya jika kita ingin membuat anak kategori, pilih kategori utamanya di bagian parent category ini. Setelah selesai, klik add.
29. Pada bagian discussion, ceklist Allow comments on this post untuk mengijinkan komentar pada tulisan tersebut.
30. Setelah selesai, klik publish.
31. Klik tombol ini untuk menampilkan fasilitas editing yang lebih lengkap.
32. Klik pada tombol-tombol berikut ini untuk memasukan gambar, video, musik, file, dan polling.
33. Gambar ini untuk membuat artikel di halaman depan terpotong. Jadi yang tampil hanya sebagian (ada tulisan read more atau selanjutnya >>). Caranya, letakkan kursor mousepada paragraf yang ingin di potong, klik tombol ini.
34. Klik tombol ini jika ingin mencopy tulisan dari word agar formatnya tulisannya tetap di pertahankan. Tapi kita tidak bisa memasukan gambar dengan cara mengcopy dari word. Gambar harus dimasukan dengan tombol no.32.
35. Selain cara ini, kita bisa langsung posting dengan fasilitas quick press, hanya saja pengeditan teks nya terbatas. Quick press ini ada di halaman depan administrator.
36. Untuk mengedit tulisan yang sudah kita buat, caranya masuk lagi ke bagian post, klik edit.
37. Akan tampil daftar artikel yang sudah kita tulis. Letakkan kursor mouse di atas judul artikel. Akan muncul Edit, quick edit, delet dan view. Klik edit untuk mengedit tulisan. Cara editnya sama seperti ketika kita membuat tulisan baru. Kalau sudah di edit klik update post. Kalau quick edit hanya untuk mengedit Judul dan kategorinya saja, bukan untuk mengedit isi tulisan. Kalau mau di hapus klik delete.
38. Klik stats untuk melihat jumlah klik/pengunjung ke artikel tersebut.
39. Setelah artikel sekarang kita akan menulis halaman. Pada bagian pages, klik add new. Kemudian, cara menulisnya sama seperti menulis artikel.
40. lalu apa bedanya? Kalau artikel akan ditampilkan dihalaman depan blog secara berurutan. Artikel baru akan diletakkan diatas artikel lama. Sedangkan halaman adalah tulisan yang sifatnya statis. Misalnya kita bisa membuat halaman ”tentang penulis” yang isinya biografi pemilik blog atau halaman ”tentang blog’ yang nantinya diisi penjelasan tentang apa tujuan dan isi blog.
41. Cara mengedit halaman, di bagian page klik edit. Sama juga dengan cara edit artikel. Kemudian selain artikel dan halaman, kita bisa menambah link. Link ini fungsinya untuk menyimpan alamat blog atau web lain yang kita anggap menarik, atau itu adalah alamat blog teman atau kenalan kita.
42. Pada bagian link, klik add new.
43. Misalnya kita mau menyimpan alamat web Departemen kehutanan. Caranya, pada bagian name isi dengan satu atau dua kata yang mewakili link tersebut, misalnya ”Website Dephut”.
44. Pada bagian web address, isi dengan alamat webnya http://dephut.go.id
45. Pada bagian category, sama seperti membuat kategori pada artikel.
46. Pilih target blank jika ingin ketika link itu di klik akan terbuka pada halaman tersendiri.
47. Jika blog yang ingin kita link adalah blog di wordpress juga, caranya lebih gampang. Kunjungi blog tersebut, di pojok kanan atas, letakkan kursor mouse pada bagian blog info. Kemudian klik add to blogroll. Secara otomatis akan
tesimpan di daftar link kita. Berikutnya kita akan mengganti tampilan (theme) blog. Ada banyak pilihan theme yang
bisa kita gunakan.
48. Di bagian Appearance, pilih themes.
49. Akan keluar daftar theme yang bisa kita pakai. Cara pakainya, klik pada nama theme. Setelah itu akan muncul contoh tampilan blog kita yang menngunakan theme tersebut. Klik Activate ”namatheme” di pojok kanan atas. Atau kalau mau pilih lagi yang lain, tutup dengan klik tanda silang di pojok kiri atas.
50. Di tiap theme ada penjelasannya. Isinya, jumlah kolom theme tersebut (2 atau 3 kolom), warna dominannya, gambar head (kepalanya) bisa diganti atau tidak (jika bisa ada keterangan “costum header”).
51. Klik Costum Image header untuk mengganti gambar headernya (gambar utama). Browse ke komputer gambar yang mau di pakai. Ukurannya bisa di potong (crop), tapi kalau mau bisa dibuat dengan ukuran yang si perintahkan yaitu 760 x 151 pixels (tergantung tiap theme).
52. Setelah digunakan kita bisa mulai mengatur dan menambahkan fasilitas lain pada theme tersebut. Widget-widget ini akan muncul pada kolom sisi dari blog kita (di kolom samping dari artikel). Klik widget.
53. Untuk menambahkan widget tinggakl klik add. Kemudian klik save changes.
54. Pages gunanya untuk menampilkan halaman
55. Calendar untuk menambah kalender
56. Archives untuk menampilkan arsip tulisan perbulan
57. Link untuk menampilkan kumpulan link
58. meta untuk menampilkan menu untuk login ke administrator
59. search untuk menampilkan fasilitas search
60. Recen post untuk menampilkan posting terbaru.
61. Categories untuk menampilkan kategori, dll.
62. Widget ini tampilannya bisa di edit. Caranya klik edit. Akan muncul menu edit tergantung widgetnya. Kalau sudah di edit, klik done. Kalau widgetnya mau di hapus, klik remove.
63. Setelah itu jangan lupa klik save changes lagi. Selanjutnya, kita membahas cara mengatur komentar yang masuk ke blog.
64. Klik Comments. Kita bisa lihat daftar komentar yang masuk. Klik pending untuk melihat komentar yang menunggu persetujuan. Klik spam untuk melihat komentar spam (spam itu semacam komentar iklan misalnya yang memuat banyak link)
65. Untuk edit dan menghapus, letakkan kursor mouse di atas isi komentar. Akan muncul pilihan mau di Delete, atau di edit.
Salah satu kelebihan wordpress di bandingkan blog lainnya adalah fasilitas untuk melihat statistiknya yang lengkap.
66. Untuk melihat statistik blog, pada bagian dashboard klik blog stats.
67. Akan tampil Grafik jumlah kunjungan ke blog kita. Dilengkapi dengan keterangan-keterangan lainnya
68. Referrers untuk melihat dari web mana saja orang yang datang ke blog kita.
69. Top Posts & Pages untuk melihat artikel apa yang paling banyak di kunjungi.
70. Search Engine Terms untuk mengetahui kata kunci apa saja yang di gunakan orang sehingga mereka menemukan blog kita.
71. Clicks menunjukan link (link ke web/blog lain) mana saja dalam blog kita yang di klik oleh pengunjung.
72. Total views untuk melihat jumlah kunjungan keseluruhan
73. Busiest day untuk melihat tanggal berapa blog kita paling banyak di kunjungi
74. Views today yaitu jumlah kunjungan hari ini.
75. Kita juga bisa tau total artikel yang sudah kita tulis, jumlah komentar yang masuk, dan jumlah kategori yang kita buat. Kemudian kita juga bisa menyimpan file di wordpress. Jatahnya 3 GB. File ini nantinya kita bisa masukan ke artikel kita. Caranya dengan menggunakan tombol pada no.32.
76. Untuk mulai meng-upload/ menyimpan file, pada bagian media, klik add new.
77. Jenis file yang bisa di simpan yaitu gambar ( jpg, jpeg, png, gif), dokumen (pdf, doc, ppt, odt).
78. Klik Browser uploader.
79. Kemudian klik browse untuk mencari file di komputer. Kalau sudah, klik upload.
80. Untuk melihat daftar file yang sudah kita up load, kembali ke media, klik library. Untuk mengedit atau men-delete, seperti biasa, letakkan kursor mouse di atas nama file. Demikianlah tutorial ringkas ini di susun. Sekali lagi, masih banyak yang belum di jelaskan di sini. Jadi para pembaca bisa langsung mencoba menemukan sendiri fasilitasfasilitas
lainnya dari wordpress.com yang baru ini.
PROMOSI BLOG
Setelah ngutak-ngatik blognya selesai. Sekarang saatnya untuk promosi. Sebagian besar dari kita kan membuat blog dengan niatan agar bisa berbagi dengan yang lain. Kalau gak di promosiin bagaimana orang lain bisa tau blog kita?
Cara sederhana untuk mempromosikan blog antara lain, memanfaatkan fasilitas lain yang bisa di selipin alamat blog seperti e-mail/ milis, sms atau kartu nama, kemudian rajin jalan-jalan ke blog lain dan meninggalkan jejak berupa komentar atau salam perkenalan, buat posting yang teratur, daftarkan alamat blog ke search engine seperti gogle.com.

Tips lainnya yang lebih lengkap baca di:
http://o-om.blogspot.com/2007/07/etika-dalam-promosi-blog-dan-cara.html
http://lbsfighter.blogspot.com/2007/02/cara-praktis-promosi-blog-2-setelah.html
http://didats.net/page/232/teknik-promosi-blog
http://leblogblogger.blogspot.com/2007/08/cara-promosi-blog.html
http://nailal-nadine.blogspot.com/2006/11/9-cara-mempromosikan-blog-kamu.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: